Perpustakaan Terluas di Asia Tenggara


Hai sahabat, taukah kalian jika salah satu Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia merupakan Perpustakaan terluas di Asia Tenggara loh, apa kalian sudah mengetahuinya? jika belum, mari dibaca.
Perpustakaan Terluas di Asia Tenggara

hal ini merupakan kebanggaan, untuk kita semua khusunya mahasiswa pada Universitas tersebut. Mungkin kalian sudah mengetahui nama Perpustakaan tersebut, karena perpustakaan ini sudah tidak asing lagi pada telinga kalian baik Perpustakaannya maupun  Perguruan Tingginya.

Perpustakaan ini diberi nama Crystal of  Knowledge, perpustakaan berada di dalam naungan Universitas Indonesia/ UI. Letak perpustakaan UI berada di depan danau UI dan membelakangi Gedung Fakultas Hukum. Alamat Perpustakaan Universitas Indonesia/ UI         Perpustakaan Universitas Indonesia, Gedung Crystal of  Knowledge, Kampus UI, Depok 16424.

Perpustakaan Terluas di Asia Tenggara


Perpustakaan teluas di Asia Tenggara ini memiliki luas 2,5 ha, perpustakaan ini merupakan milik dari Universitas Indonesia/ UI. Apa kalian dapat  membayangkan  seluas apa perpustakaan ini. Tetapi bukan hanya gedung nya saja yang luas namun juga memiliki berjuta-juta koleksi, baik koleksi tercetak maupun non cetak, berlangganan dengan berbagai database online, memiliki fasilitas baik, dan spot foto keren. Perpustakaan ini dibuka juga untuk umum, hanya cukup membayar Rp. 5000 saja kalian dapat mengunjungi perpustakaan ini, sayangnya untuk umum tidak diperbolehkan untuk meminjam buku dan dibawa pulang, hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh civitas akademik Universitas Indonesia/ UI.

Gedung perpustakaan ini bukan hanya terdapat perpustakaan nya saja, namun terdapat  juga toko buku, café, stand baju dan lainnya. Hal seperti ini akan membuat kalian ingin berlama-lama berada di Perpustakaan Universitas Indonesia/ UI baik untuk membaca buku, mengerjakan tugas, hingga sekedar untuk nongkrong-nongkrong saja. Pada bagian pintu masuk di dalam perpustakaan kalian akan disambut dengan tulisan yang menggunkan berbagai macam bahasa yang artinya sama, yaitu “Baca”.


Perpustakaan Universitas Indonesia/ UI memiliki jutaan koleksi yang diletakan di 4 lantai, di lantai 1 dan 2 tersusun dari buku-buku dari terbitan dengan genre klasik hingga terbitan sekarang. Sedangkan di lantai 3 adalah tempat penyimpanan koleksi yang berupa: Skripsi, tesis, serta disertasi. Lalu untuk lantai 4 tempat penyimpanan referensi. Yang terpenting lagi perpustakaan ini memiliki koleksi Manuskrip mulai dari media lontar, kertas Eropa dan lainnya.
 
Di dalam perpustakaan tentunya telah di sediakan ruangan-ruangan khusus membaca yang nyaman bagi pemustaka yang ingin mencari informasi untuk tugas atau sekedar main-main. Perpustakaan Universitas Indonesia/UI memiliki banyak fasilitas dan salah satu fasilitas Perpustakaan ialah sebuah ruangan yang berisi 180 unit komputer iMac. Selain itu pemustaka dapat mengakses internet dengan sepuasnya cukup memasukan username dan password, hanya saja untuk fasilitas internet hanya dapat diakses oleh civitas akademik Universitas Indonesia/ UI saja dan tidak diperuntungkan untuk umum. Perpustakaan ini juga telah melakukan program untuk disabilitas, seperti menyediakan 2 tangka dan salah satu tangga diperuntungkan untuk pemustaka yang disabilitas.

Jam opersional Perpustakaan Universitas Indonesia/UI, dibuka setiap hari kerja hingga hari sabtu, pengecualian pada hari minggu tutup.
Senin – Jum’at: Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Sabtu               : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Minggu           : Libur


Jangan lupa berkunjunga ya sahabat, kalian wajib banget untuk berkunjung keperpustakaan ini karena perpustakaan ini akan memberikan informasi yang sedang kalian cari beserta kalian akan disuguhkan dengan interior keindahan Gedung Crystal of  Knowledge.







You Might Also Like

8 comments