BINGUNG CARI REFRENSI SKRIPSI DIMANA? TEMUKAN DISINI!


Hai, semua. Kali ini penulis akan memberitahu dan membahas dimana kalian akan  mendapatkan refrensi untuk skripsi yang ingin kalian buat.
 
BINGUNG CARI REFRENSI SKRIPSI DIMANA? TEMUKAN DISINI!

 Pasti kalian membutuhkan refrensi dalam proses pembuatan skripsi, apalagi biasanya untuk mendapatkan judul akan terinspirasi dari skripsi-skripsi yang telah dibaca oleh karena itu penulis akan membantu kalian untuk memberi saran untuk mencarikan website yang dapat memberikan refrensi sebanyak mungkin, yuk disimak.


Kalian dapat mencari refrensi di Repository UIN Jakarta, kenapa penulis memberi saran untuk mencari refrensi di Repository UIN Jakarta? Karena Repository UIN Jakarta sangat banyak dan berbagai macam, dan hal ini sangat bermanfaat khususnya untuk kalian yang berasal dari jurusan Arab karena di Repository UIN Jakarta memberikan puluhan refrensi dan biasanya untuk refrensi skripsi Arab itu sangat jarang di Perguruan Tinggi yang berada di Indonesia. 


Repository atau dikenal dengan nama Institutional Repository merupakan karya yang dihasilkan oleh civitas Universitas yang isi berupa skripsi, buku karya-karya dosen UIN Jakarta, tesis, disertasi, dan bahan ajar. Namun menurut Reitz (2010) Insitutional Repository adalah satu set layanan yang ditawarkan oleh Universitas atau kelompok Perguruan Tinggi untuk anggota komunitas untuk pengelolaan dan penyebaran materi ilmiah dalam format digital yang diciptakan oleh Institusi dan anggota masyarakat seperti e-prints, laporan teknis, tesis, dan disertasi, data set, serta bahan ajar.


Di repository UIN Jakarta terdapat Artikel Jurnal, Buku teks, Review, Buku Pedoman Pratikum, Disertasi, Hasil Paten, Laporan Penelitian, Laporan Pengabdian Masyarakat, Materi Kuliah, Orasi Ilmiah, Pidato Pengukuhan, Prosiding/ Lokakarya, Seminar, Skripsi, dan tesis. Karya yang ditulis di Repository ditulis oleh Dosen, dan mahasiswa. Dengan kata lain karya ditulis oleh civitas akademik UIN Jakarta. Bermacam-macam ya, tunggu apalagi untuk memanfaatkan nya.


Siapapun dapat mengakses repository UIN Jakarta karena bersifat open acces, jadi bukan hanya civitas akademik UIN Jakarta saja yang dapat mengakses namun umum dapat juga untuk mengaksesnya tanpa menggunakan username dan password, tentu hal ini sangat memudahkan kalian karena ada beberapa Universitas jika ingin mengaksesnya harus memiliki username dan password jadi dengan kata lain tidak terbuka untuk umum.


Walaupun open acces tentu kalian tidak dapat sembarangan mengcopy-paste ya, karena sangat mudah untuk mengetahui skripsi copy-paste atau hasil kerja sendiri. Untuk menggunakan Repository UIN Jakarta sangat mudah kalian cukup mencari Fakultas yang akan kalian mau (klik), Jurusan yang kalian mau (klik), Tulis skripsi (klik), kemudian kalian mencari tahun skripsi yang kalian inginkan (klik). Atau dengan cara mudah nya kalian cukup mengetik nama nya dalam kolom search, maka ketika kalian klik akan muncul dibawahnya.


Dengan adanya Repository kalian tidak perlu mendatangi kampus UIN Jakarta untuk mencari refrensi skripsi, kalian cukup membuka link Repository UIN Jakarta tentunya terhubung oleh internet ya dan disana sudah tersedia abstrak serta file nya dalam bentuk pdf. Kalian perlu ingat bahwa bersifat open acces dalam artian siapapun dapat mengaksesnya.

Jika kalian ingin mengakses nya cukup klik link dibawah ini ya, semoga bermanfaat.






You Might Also Like

3 comments