Bullying Gx Zaman

Hai guys, apa kalian pernah mendapatkan perlakuan tidak mengenakan atau pernah melakukan hal tidak mengenakan, seperti menjaili nya, mengatai nya, dan melakukan suatu hal yang menyakitinya atau pernah melihat pembullyian?
Jika pernah, maka artikel ini akan membahasa seputar bullying, baik definisi bullying sesuai dengan definisi dari para ahli, dampak korban akibat bullying, serta tips cara bagaimana pelaku bullying dapat berubah dan meninggalkan kebiasaanya, yaitu membullying.

Bullying Gx Zaman


Sebelum membahas bullying lebih jauh, terlebih dahulu kalian harus mengetahui definisi bullying. Menurut Coloroso (2003: 44), definisi dari bullying merupakan tindakan permusuhan yang dilakukan secara sadar dan disengaja yang bertujuan untuk menyakiti, Seperti menakuti melalui ancaman agresi dan menimbulkan teror Termasuk juga tindakan yang direncakan maupun yang spontan, bersifat nyata atau hampir tidak terlihat, di hadapan seseorang atau di belakang seseorang, mudah untuk diidentifikasi atau terselubung dibalik persahabatan, dilakukan oleh seorang anak atau kelompok anak. Dengan kata lain bullying adalah tindakan permusuhan yang memiliki tujuan tertentu.


Dapat diketahui bahwa bullying bukanlah hal yang baru, sudah sejak dari dulu bullying sering terjadi baik disekolah (Sd, Smp, Sma), kuliah, atau teman bermain. Namun taukah kalian jika bullying nemiliki akibat yang begitu fatal bukan hanya luka fisik namun luka psikis. Sayangnya banyak sekali korban bullying yang berdiam diri dan tidak berani untuk memberi tahu orang tua, keluarga dan orang terdekatnya, usut punya usat karena mereka takut dengan ancaman si pelaku pembullyian.


Taukah kalian dalam melakukan bullying si pelaku memiliki tujuan, seperti: merasa menjadi pemimpin, menarik perhatian, merasa manusia terkuat, merasa diri nya hebat, dan memberikan rasa kepuasaan sendiri untuk dirinya. Melakukan pembullyian dilakukan lebih dari satu orang, karena biasanya pembullyian dilakukan dengan berkelompok atau gengan (bahasa gaulnya).


Ciri-ciri anak-anak yang suka dibullying, seperti: pendiam atau tidak mau bersosialisasi, bila dikerjai diam saja dan tidak memberi perlawanan, biasanya tidak berani mengadu, dan lainnya. Biasanya ketika korban pembullyian saat dibullyi baik bentuk fisik maupun lisan mereka akan menangis dalam diam dan di tempat sepi, serta tidak berani untuk mengadu.  Tentu anak seperti ciri-ciri diatas harus diberi pendekatan yang berbeda dari anak-anak pada umumnya dan tentunya harus sering didampingi oleh guru BP untuk disekolah, sedangkan untuk dilingkungan rumah dapat didamping dengan orangtua atau keluarga lainnya.


Dampak yang ditimbulkan akibat bullying, seperti:
1.    Akan muncul permasalahan mental, seperti: kegelisahan, dan depresi. Biasanya deprisi ini yang akan mengakibatkan banyak nya korban bullying mengakhiri hidup nya dengan tragis.
2.    Keluhan kesakitan dalam fisik, seperti: sakit kepala akibat pikiran.
3.    Rasa tidak aman dilingkungan sekolah atau lingkungan kampus, atau lingkungan tempat bermain.
4.     Dan biasanya korban bullying akan melakukan kekerasan juga terhadap orang lain.
Pasti kalian sudah sering bukan melihat atau membaca berita tentang korban bullying yang hampir setiap tahun terjadi di Negerti tercinta ini, sudah saat nya kalian mengubah pola pikir jika membullyi itu mengasikan. Dan ubah lah pola pikir itu menjadi mengejar prestasi demi masa depan, karena masa depan sangat berdampak untuk diri sendiri, untuk kedua orangtua,  dan untuk Negeri ini.


Beberapa cara untuk meninggalkan rasa suka membullying, seperti:
1.    Muhasabah diri atau intropeksi diri sendiri, apakah yang telah diperbuat dosa atau tidak.
2.     Mengubah pola pikir yang negatif menjadi positif
3.    Bertemanlah dengan teman yang dapat membawa kebaikan dan tentunya yang dapat membantu mengejar prestasi.
4.    Mulailah berbaur dengan si korban bullying.


Itulah 4 tips cara untuk meninggalkan rasa suka membullying, namun kembali ke niat karena niat merupakan cara yang pertama harus dilakukan. Jika tidak ada rasa niat maka 4 tips yang berada diatas tidak dapat berguna. Sudah saat nya melakukan stop bullying, karena bullying suatu yang tidak bermanfaat. Mulailah berhenti melakukannya dan mengejar mimpi dengan berprestasi, jika ingin terkenal karena membullying sangat salah besar seharusnya terkenal karena prestasi yang diraihnya.










You Might Also Like

2 comments